Friday, September 22, 2017

19 Kepentingan Blog Yang Harus Diketahui Setiap Blogger

Setiap pemilik website atau blog harus tahu tentang SEO (Search Engine Optimization). Kenapa? Karena Search Engine Optimization adalah pembentuk struktur dari situs Anda. Jika dilakukan dengan benar maka dapat bekerja dengan baik pada blog Anda. Jika tidak, blog Anda tidak akan menjadi apa-apa kecuali hanya sebuah peternakan konten dengan banyak konten yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Akibatnya, isi (posting) akan menua dan membusuk (menjadi usang). SEO itu ibarat transmisi mobil. Tidak peduli seberapa besar dan kuat mesin Anda, jika Anda memiliki transmisi yang rusak atau tidak ada transmisi sama sekali, Anda tidak akan pernah memenangkan kompetisi. Oleh karena itu, segala sesuatu untuk blog harus sempurna, bukan hanya perlakuan baik pada konten yang Anda tulis saja. Di sini, saya akan berbagi beberapa tips and trik yang mudah-mudahan bermanfaat untuk para blogger.

Mari kita simak 19 Kepentingan Blog Yang Harus Diketahui Setiap Blogger:

1. Title dan Meta Description


Sumber : Search-Faktor
Title atau Judul adalah raja dari konten Anda. Ini adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung web. Penulisan judul harus ringkas, informatif, dan eye catching. Google hanya menampilkan hingga 66 karakter dari judul. Oleh karena itu, itu ide yang baik adalah dengan menjaga judul Anda tetap pendek. Namun juga jangan membatasi diri untuk hanya 66 karakter saja. Cukupkanlah semua informasi yang diperlukan dalam judul Anda.

Sejauh Meta description berkaitan dengan blog, Google tidak lagi menggunakan Meta Keywords dalam kriteria peringkat. Namun, Meta description masih sama pentingnya. Setiap kali Anda berbagi posting Anda di media sosial, deskripsi meta muncul di samping judul. Deskripsi website Anda seharusnya tidak bertele-tele. Tetap ringkas, dan memberikan deskripsi singkat dari posting Anda di beberapa baris.

2. Sitemap

Sumber : IndiaMART

Peta Situs sangat penting dan saya dibuat stress oleh ini. Sebuah sitemap adalah daftar dari semua halaman yang ada pada website Anda untuk memudahkan mesin pencari mengindeks semua halaman Anda, Anda perlu membuat sitemap dari situs Anda dan mengirimkannya ke semua mesin pencari utama. Ada juga tool yang menghasilkan Sitemaps untuk memudahkan Anda dalam membuat sitemap.

3. Fokus pada Keyword

Hasil gambar untuk Keyword
Sumber : Blog Penulis.id

Keyword adalah dasar dari setiap mesin pencari. Setiap pencarian yang dilakukan berdasarkan kata kunci. Pengunjung biasanya hanya memasukkan kata kunci saja di bar pencarian untuk mencari konten yang mereka butuhkan. Untuk blog Anda, Anda perlu mencari tahu apa kata kunci yang orang cari. Ini akan menjadi sia-sia jika Anda memiliki konten yang baik tetapi hanya memiliki beberapa kata kunci untuk menampilkan posting Anda ke dalam daftar pencarian. Oleh karena itu, berkonsentrasilah pada penggunaan jumlah maksimum kata kunci dalam posting Anda, terutama di paragraf pengantar.

4. Tetaplah Fokus dan Dinamis

Sumber : alvinindra.com

Blogging adalah semua tentang perubahan tren. Menjaga kesesuaian dengan tren saat ini adalah cara yang baik untuk mejaga pertemanan dengan mesin pencari. Search engine ingin melihat konten terbaru di blog Anda. Jadi lihatlah keluar pada kejadian terbaru di sekitar Anda, dan tulislah blog tentang mereka. Juga teruslah mengubah fokus kata kunci Anda. Pembaca mungkin tidak selalu memasuki istilah pencarian yang sama. Hal-hal seperti itu sangat dinamis dan dapat berubah. Mengubah persepsi yang sesuai dan mengantisipasi apa yang mungkin dicari oleh pembaca. Gunakan kata kunci yang sesuai dan pas.

5. Interlink

Sumber : TheGloss

Interlinking adalah salah satu bagian terpenting dari SEO. Selalu lakukan link posting baru Anda dengan link yang relevan yang sudah ada. Jika halaman web Anda secara memadai ter-link ke postingan Anda yang lama yang telah terhenti dan mendapatkan traffic yang lebih rendah setiap hari maka akan mendapatkan dorongan hidup baru. Kedua, ketika sebuah mesin pencari melihat banyak link, ia tahu bahwa website tersebut memiliki banyak konten yang ditawarkan. Tetapi jika halaman Anda mandiri, dan tidak punya hubungan, maka mesin pencari mungkin melewatkan un-linked pada halaman Anda. Tidak melakukan link halaman menurut saya adalah praktik yang buruk dan harus dihindari. Baca artikel mengenai Meningkatkan Traffic dengan Interlink.

6. Pergilah Dimana Ada Persaingan Rendah

Hasil gambar untuk Persaingan Rendah
Sumber : Media Kompilasi

Menempatkan usaha Anda di pasar yang relatif baru bisa menghasilkan yang besar jika pasar itu tumbuh. Setiap orang menggunakan jaringan populer seperti Facebook dan Twitter untuk menyebarkan bisnis mereka. Jadi kemungkinan besar, Anda memiliki banyak persaingan di niche Anda. Jadi mengapa tidak mencoba sumber-sumber alternatif juga? Seperti situs Pinterest yang mulai memanas. Dan situs lain yang baru yang akan memberikan alasan yang sempurna untuk bersosialisasi pada pengunjung website Anda!

7. Lihatlah Konten Anda

Hasil gambar untuk Content
Sumber : Zerys

Semua tips SEO mengajarkan konten Anda harus baik untuk dapat bertahan hidup dan tetap berada di peringkat teratas. Tips SEO dapat melakukan begitu banyak hal, sisanya harus datang dari konten itu sendiri. Dengan menulis konten berkualitas baik dapat membentuk Search Engine Optimization dalam tubuh konten itu sendiri, karena ini membantu dalam pemberian peringkat. Setelah Anda menulis beberapa konten, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut sebelum mempublikasikannya:

Apakah konten saya masuk akal?
Apakah saya sudah menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar?
Apakah konten ini berguna?
Itu konten ini unik / original?
Apakah ini layak untuk di share?
Apakah ada konten visual seperti gambar atau video?
Apakah ada contoh, referensi, atau ide-ide yang unik?
Apakah cukup interaktif dengan pembaca?
Apakah konten saya memancing pertanyaan pembaca tentang pengalaman mereka sendiri?Jika jawaban Anda untuk sebagian besar pertanyaan di atas adalah "Ya", maka Anda sudah mendapatkan konten yang baik.

8. Menamai File Anda dengan Baik

Sumber : alvinindra.com


Ini adalah tip kecil, tapi sangat berguna. Kebanyakan orang mengabaikan hal ini. Berikan nama pada file gambar dan video yang sesuai sebelum meng-upload ke website Anda. Sebagai contoh, daripada menggunakan nama seperti "image07" untuk gambar intro, saya menamakannya "KepentinganBlog". Hal ini membantu dalam peringkat pencarian yang lebih baik dan merupakan praktek SEO yang baik.

9. Bantu Mesin Pencari Mengindeks Halaman Anda

Gambar terkait
Sumber : linkedin

Untuk membantu mesin pencari mengindeks halaman web Anda dengan lebih baik, Anda dapat menambahkan sebuah file bernama robots.txt di direktori root situs Anda. Dalam file tersebut, tambahkan perintah "User-agent: *" (tanpa tanda kutip). Apa yang dilakukan adalah, mengundang bot untuk bebas menjelajah ke halaman di situs Web Anda.

10. Headings dan Sub Headings

Hasil gambar untuk Heading dan Subheading
Sumber : ChessOke Aquarium Tiki

Headings adalah cara yang baik untuk mengatur konten Anda. Sambil menulis artikel, ada pedoman W3C tertentu yang harus diikuti. Secara umum, Anda harus menggunakan hanya satu h1 heading. Ini adalah untuk judul. Jangan menggunakan h1 untuk setiap sub heading. Gunakan H2S untuk judul utama. Dan jika ada banyak judul utama, gunakan h3 untuk semuanya. Jika Anda ingin mereka terlihat lebih besar, gunakan CSS styling bukannya mengubah level heading.
Silahkan pelajari Cara Mengoptimalkan Judul Postingan Menggunakan Tag H3 dan H2.

11. Social Bookmarking

Gambar terkait
Sumber : sevenwholedays.org

Sosial media adalah cara yang bagus untuk meningkatkan backlink dan lalu lintas ke blog Anda. Backlink memberikan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Ini adalah praktek SEO yang baik untuk menambah tool bookmark untuk pembaca Anda. Tambahkan pilihan untuk like di Facebook atau Tweeting di Twitter sehingga pembaca Anda dapat me-reshare konten Anda dan menyebarkan berita.

12. Anchor Teks

Hasil gambar untuk Anchor Teks
Sumber : MarzSEO

Anchor teks sama pentingnya dengan link sendiri. Gunakan kata kunci daripada menggunakan pernyataan seperti "klik di sini" untuk link. Ini adalah praktik SEO yang baik. Kedua, jika Anda menghubungkan ke halaman yang sama beberapa kali, gunakan anchor text yang berbeda setiap kali. Anchor teks yang sama memberikan kesan bahwa link telah otomatis. Search engine tidak suka auto-bot. Itulah alasan utama mengapa pembelian backlink tidak disarankan, karena mereka menggunakan Anchor teks yang sama untuk website Anda di mana-mana.

13. Sesuatu Mengenai "Nofollow"


Hasil gambar untuk No Follow
Sumber : Smart Insights

No follow adalah cara yang baik penyaringan situs web berkualitas rendah yang Anda link, sehingga tidak terlihat seperti Anda memberikan backlink. Hal ini juga membantu dalam menjaga site-linking ke Anda / rasio situs yang Anda link. Rasio ini serius dapat mempengaruhi peringkat halaman Anda. Umumnya, menanamkan atribut rel = "nofollow" untuk link yang mengarah ke situs web berkualitas rendah. Juga jangan pernah menambahkan nofollow untuk setiap halaman Anda sendiri. Pelajari lebih lanjut tentang Kapan sebaiknya Anda menandai link eksternal sebagai nofollow.

14. Tag dan Kategori

Hasil gambar untuk Tag dan kategori
Sumber : Centerklik

Untuk membuat situs Anda mudah dinavigasi, jangan menggunakan terlalu banyak tag dan kategori. Aturlah beberapa kategori di niche Anda di awal, dan kemudian tempelkan pada kategori tersebut. Ini adalah praktik yang baik untuk hanya memberi satu kategori untuk setiap posting. Jangan menambahkan lebih dari satu. Itu SEO yang buruk.

15. Optimasi Gambar

Hasil gambar untuk Optimasi gambar
Sumber : Ajis Js

Optimasi gambar merupakan bagian penting dari SEO juga. Orang mencari gambar hampir sebanyak mereka mencari teks. Oleh karena itu sangat penting bahwa Anda membuat gambar pada situs Anda agar lebih mudah untuk ditemukan. Selalu berikan judul untuk gambar-gambar Anda. Search Engine itu sebenarnya akan mencari judul dan tidak mencari gambar. Tambahkan tag ALT juga. Ini membantu dalam pengguna-aksesibilitas. Orang yang tunanetra menggunakan browser khusus untuk menggunakan internet. Browser ini menguraikan deskripsi alt gambar untuk orang-orang seperti mereka. Oleh karena itu, gunakan atribut ini untuk membantu rekan-rekan kita yang cacat.

16. Update Secara Teratur

Hasil gambar untuk Update
Sumber : Medicillin

Search engine menyukai konten yang segar. Orang-orang mencari konten baru setiap kali mereka mengunjungi situs web Anda. Setiap kali saya mengunjungi situs manapun, hal pertama yang saya cari adalah cap waktu di bawah posting terakhir. Berikan ide yang sangat baik dan seberapa sering sebuah situs web diperbarui. Situs layanan tidak perlu diperbarui begitu sering. Tapi situs terkait konten dan blog harus sering diperbarui. Untuk blog, frekuensi posting minimal satu posting per hari adalah sangat penting. Semakin banyak, semakin meriah. Tapi cobalah untuk menulis minimal satu posting per hari. Itu akan membuat situs Anda terlihat segar, dan juga meningkatkan peringkat Alexa Anda. Dan semakin banyak topik yang Anda tulis maka semakin banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan.

17. Periksalah Waktu Loading Blog Anda

Hasil gambar untuk Loading
Sumber : Shuttersock

Sebuah blog dengan loading lambat tidak berpengaruh baik bagi pembaca. Anda berpikir robot pencari akan tidak punya masalah dengan hal ini. Tapi sayangnya, itu tidak benar. Dan itu logis juga. Google harus menemukan jutaan hasil pencarian dalam hitungan detik. Jadi waktu loading juga mempengaruhi search engine. Jangan meng-upload file berat terlalu banyak ke blog Anda. Sebaliknya, uploadlah file besar di situs sharing, dan memberikan pembaca Anda dengan link download.

18. Typo

Hasil gambar untuk tYPO
Sumber : Tumblr

Typo mengacu pada styling konten Anda. Siapa yang tidak menghargai styling yang baik? Baik mencakup hal-hal seperti tulisan bercetak miring atau huruf tebal teks, spasi baris yang tepat, judul, padding, dll. Perhatikanlah hal tersebut untuk membuat konten Anda terlihat baik dan mudah dibaca.

19. Memeriksa Validitas

Hasil gambar untuk Validitas Logo
Sumber : Blog Alula Shahin

Setelah Anda selesai dengan beberapa dasar SEO, Anda perlu memvalidasi dan memeriksa apakah ada kesalahan. Mulailah dengan memeriksa setiap link yang rusak. Ada plugin Blogger dan Wordpress yang dapat membantu Anda melakukan hal ini. Tapi Anda bisa melakukannya secara manual maupun dengan mengunjungi W3C Link Checker.

Selanjutnya, Anda perlu untuk mengunjungi W3C HTML Validation Tool dan W3C CSS Validation Tool untuk memvalidasi HTML dan CSS untuk setiap kesalahan. Setelah itu, Anda dapat memvalidasi SEO Anda dengan menggunakan plugin SEO yang baik. Plugin tersebut tersedia untuk Blogger dan Wordpress.

Itu saja tips dari saya, mudah-mudahan bisa sangat bermanfaat bagi Anda sekalian. Terimakasih ...
Load disqus comments

0 komentar