Memulai Karir di Frontend

Permulaan sebagai Frontend Developer yang paling dasar biasanya itu hanya slicing desain mockup dari desain figma, psd ataupun pdf diubah ke HTML, CSS dan Javascript.

Slicing Desain menjadi HTML dan CSS itu di hargai berdasarkan tingkat kesulitan juga banyaknya halaman. Rata-rata harganya itu Rp100.000 sampai Rp300.000.

Kalau sudah banyak halaman website bisa sampai Rp1.000.000 ke atas loh!

Jika yang tadi itu dasar lalu yang lebih jauh lagi sudah masuk ke Framework dan Library. Framework yang terkenal ada Vue.js dan library React.js.

Dilihat dari segi ketenarannya sekarang React.js lebih banyak dicari dibandingkan Vue.js.

Kalau kamu ingin mencari yang banyak dicari pilih React.js, tapi jika ingin yang unik dan juga sedikit bisa pilih Vue.js.

Framework Populer

React.js dan Vue.js sudah menjadi bagian tools sebagai Frontend Web Developer di masa sekarang ini.

Karena dengan Framework ini kalian bisa membuat sebuah website Single Page Application (SPA), Server Side Rendering (SSR) dan Client Side Rendering (CSR).

Mungkin terdengar awam bagi sebagian orang tapi intinya itu adalah hasil dari pembuatan menggunakan Framework tersebut.

Jadi mulai karirnya dari mana nih??? Oke, sabar

Jika kamu sekarang lagi mencari kerja, sedang kuliah atau sekolah. Ada 4 pilihan

1. Cari Kerja Tetap Offline / Online

Mungkin yang lagi sekolah cara no 1 ini ga cocok ya buat kamu yang sedang sekolah atau kuliah. Tapi untuk yang lagi mencari kerja pilihan kamu disini adalah mencarinya lewat Linkedin atau Jobseeker lainnya.

Tapi kamu juga harus berusaha meningkatkan portofolio kamu seperti membuat projek latihan, membantu projek Open-Source dengan ini kalian bisa memperkuat portofolio yang akan di lirik oleh perusahaan.

Kalau kamu ingin kerja ofline atau remote (online)?

2. Freelancer

Menjadi freelancer pilihan yang tepat buat kamu yang suka dengan kebebasan dari tugas yang sulit karena kamu bisa pilih sendiri!

Dan juga jadi Freelancer bayaran kamu bisa besar loh, tapi kalau kilennya orang luar negeri ya hehe.

Website yang bagus buat kamu yang mau freelance: *Upwork, Fiver. Buat yang lokal ada : Faskwork.id, Projects.co.id

3. Jual Produk

Kamu suka bikin sesuatu? sebagai Frontend Developer buat template HTML, Wordpress atau Plugin itu bisa dijual

Cara ini bisa membuat kamu dapat uang sambil tidur, bayangin aja lagi tidur orang pada beli template kamu hehe kalau laku itu juga.

Tapi percaya deh! Buat template lalu jual di website seperti : Themeforest, Codecanyon, Creative Market, Mojo Marketplace dan masih banyak lagi!

4. Banting Setir

Terakhir banting setir, udah jadi Frontend tapi cuannya masih belum ada aja, lalu kamu pun ingin jualan atau dagang seperti jualan baju, jaket, makanan atau minuman.

Kamu masih bisa usaha dengan skill Frontend ini kok, tetap saja kamu punya pengalaman di Frontend ini speerti nantinya jika punya toko dan dengan skill ini kamu bisa mendigitalisasikannya.

Buat landing pagenya, desain sendiri dan kamu bisa membuatnya

Frontend membuat tokomu jadi lebih elegan!

Credit : https://www.instagram.com/p/CSwqXI9sjbA/